Sabtu, 06 Juni 2015

Desa Sumberejo Diyakini Tembus Tiga Besar

DEMAK, suaramerdeka.com – Desa Sumberejo Kecamatan Mranggen maju ke lomba desa tingkat nasional 2015. Desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan sangkar burung ini digadang-gadang nantinya bisa meraih peringkat tiga besar.

Sejumlah penilai tingkat provinsi terlihat hadir dalam kunjungan ke desa tersebut, kemarin. Mereka diantaranya dari kalangan akademisi, organisasi profesi jurnalis, Bapermas dan Dinas Pendidikan Jateng.

Bupati Moh Dachirin Said merasa bangga atas kedatangan tim penilai dari provinsi. ‘’Saya berharap Desa Sumberejo bisa meraih juara tingkat nasilnal. Sekalipun standar sudah dipersiapkan tim penilai, namun sebagai manusia wajib hukumnya untuk melakukan ikhtiar agar Demak bisa mewakili Jateng sebagai juara nasional,’’ ujar Bupati.

Sementara itu, ketua tim penilai, Tavip Supriyanto mengatakan, peluang Demak untuk maju ke tingkat nasional sangat besar. Desa Sumberejo sendiri, telah masuk dalam enam besar dari 7.000 desa yang diseleksi. Ia berharap Demak bisa mewakili Jateng untuk maju ke tingkat nasional seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Desa Sumberejo, Supriyadi merasa senang atas prestasi tersebut. Salah satu yang membuatnya optimis bisa meraih gelar juara nasional adalah lengkapnya fasilitas yang ada di Desa Sumberejo. Fasilitas ini mulai dari bidang pendidikan hingga kesehatan yang diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa.

‘’Sumberejo memiliki lima posyandu dan satu posyandu khusus untuk lansia. Selain itu sudah diterapkan aplikasi administrasi kependudukan, sehingga masyarakat yang akan membuat KK dan KTP cukup datang ke balai desa,’’ ungkapnya.

Dari sisi potensi, Desa Sumberejo tersohor sebagai sentra kerajinan sangkar burung, parutan kelapa dan bantal guling. Pemasaran produk-produk tersebut sudah menjangkau pulau-pulau luar Jawa.

(Hartatik/CN34/SM Network)

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/desa-sumberejo-diyakini-tembus-tiga-besar/

0 komentar:

Posting Komentar